ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS DI HOTEL NOVOTEL SOLO
ANALISIS SWOT
DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS DI HOTEL NOVOTEL SOLO
Oleh :
NIAJENG APRILIA
JAYANTI
2018140068
Dosen :
SYAHARUDDIN, S.Pd.
M.Pd
SEKOLAH TINGGI
PARIWISATA SAHID JAKARTA
2018
Jl. Kemiri No. 22 Pondok Cabe,
Pamulang, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7402329, 7402339 Fax.
(021) 7428152
1
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Hotel
Novotel Solo merupakan salah satu jaringan Accor yang ada di Jakarta yang
selalu mengacu pada kualitas pelayanan yang tinggi dan maksimal, manajemen tim
yang diandalkan dan mempunyai komitmen yang baik. Manajemen Accor bertujuan
untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas yang menjadi kunci dalam mencapai
kesuksesan berkompetisi, hotel ini berpeluang mendepankan diri dipasar
domestik, ASEAN dan komersil. Oleh karena itu, perencanaan sales marketing
perlu mengarah dan menjawab kebutuhan dari pasar domestik daripada memasarkan
hotel ini dipasar luar negeri.
Dengan
mengutamakan fasilitas yang tersedia dengan fasilitas pertemuan atau ruang
rapat dan lokasi hotel yang sangat dekat dengan King’s Park dan Keraton
Surakarta, untuk itu hanya menempuh perjalanan 5 menit dari pusat bisnis/niaga
maka hotel akan lebih dapat menarik pengunjung baik dari kelas bisnis maupun
travel agen karena dekat dengan tempat wisata yang menawarkan barang-barang
baik lokal maupun international dan juga dekat dengan bandara Internassional
Adisumarmo. Melalui penelitian ini akan dapat diketahui faktor external dan
internal yang dapat sangat mempengaruhi pencapaian tujuan hotel ini agar tetap
unggul dalam dunia persaingan bisnis jasa.
SWOT
merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengetahui keunggulan dan
kelemahan suatu perusahaan (hotel), khususnya pada bidang pemasaran. Analisis
SWOT adalah analisis terhadap kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang/kesempatan (opportunities) dan ancaman (threats) yang dimiliki dan
dihadapi oleh perusahaan (hotel). Analisis SWOT timbul secara langsung atau
tidak langsung karena adanya persaingan yang datang dari para pesaing yang
memproduksi barang dan jasa yang sejenis. Hal ini membuat Hotel Novotel Solo
harus menetapkan strategi untuk memenangkan persaingan atau paling tidak dapat
bertahan hidup di pasar.
Persaingan
yang semakin ketat dan tajam mengakibatkan Hotel Novotel Solo membutuhkan
antisipasi yang tepat dan akurat sehingga hotel dapat memasarkan produknya di
pasar, dan bahkan bila memungkinkan menjadi pemimpin pasar. Hotel Ibis Jakarta
Slipi harus menjalankan semua operasinya secara efektif dan efesien tidak
terkecuali di bidang pemasaran. Strategi perusahaan, khususnya strategi
pemasaran merupakan langkah yang tepat yang harus ditempuh dan direalisasikan
oleh setiap perusahaan yang ingin dapat bertahan di pasar. Sebagaimana telah
diketahui bahwa usaha bersifat dinamis, yang penuh diwarnai dari waktu ke waktu
dan adanya keterkaitan antar satu dengan yang lainnya.
Dalam
perkembangannya saat ini analisis SWOT, tidak hanya dipakai untuk menyusun
strategi di medan pertempuran, melainkan banyak dipakai dalam penyusunan
perencanaan strategi bisnis (Business Strategic Planning) yang bertujuan untuk
menyusun strategi-strategi jangka panjang sehingga arah dan tujuan perusahaan
dapat dicapai dengan jelas dan dapat segera diambil keputusan, serta semua
perubahannya dalam menghadapi pesaing.
Berdasarkan
keseluruhan penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa analisis SWOT sangatlah
dibutuhkan dalam manajemen perusahaan antara lain sebagai dasar perencanaan dan
pelaksanaan strategi pemasaran dalam perusahaan. Motivasi dilakukannya
penelitian dengan menggunakan analisis SWOT karena adanya perubahan lingkungan
dunia non perbankan yang semakin dinamis. Oleh karena itu, penulis tertarik
untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA
SAING BISNIS DI HOTEL NOVOTEL SOLO”.
2
BAB 2
PEMBAHASAN
1. STRENGHTS
(S)
·
Struktur
organisasi yang memiliki system desentralisasi memudahkan dalam membuat
keputusan
·
Budaya
organisasi yang sangat kuat di terapkan dalam lingkungan Hotel Novotel Solo
·
Menyediakan
berbagai produk dan layanan yang dapat memuaskan konsumen
·
Perusahaan
telah mengembangkan posisi yang kuat mengenai pelanggan seperti mencapai
loyalita para pelanggan
·
Bertempat
di jantung kota Solo, mengunjungi pusat bisnis, pusat perbelanjaan maupun
tempat wisata seperti Graha Wisata bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.
Bandara dapati dicapai dengan berkendara 15 menit.
- 10 kilometer menuju
Bandara Adi Sumarmo
- 1 kilometer menuju
Stasiun Balapan
·
Dekat
dengan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, ex : Solo Grand Mall, Pasar
Klewer, Pasar Gede, Kampung Batik, Tawang Mangu
·
Dekat
dengan detinasi sejarah, ex : Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton
Mangkunegaran
·
Dekat
dengan kuliner, ex: Nasi liwet, Tengkleng, Timlo, Selad Solo
2. WEAKNESS
(W)
·
Lahan
parkir kurang luas
·
Daya
dukung internet kurang
·
Merupakan
hotel untuk kalangan menengah ke atas
3. OPPORTUNITIES
(O)
·
Pertumbuhan
Asia Pasifik yang cepat selama tahun 2007-2017
·
Indutri
perhotelan yang mendominasi GDP dunia
·
Lingkungan
social yang didominasi oleh masyarakat maupun business traveler dengan gaya
hidup mewah
·
Mengembangkan
kembali bisnis-bisnis yang ada ke berbagai Negara , tidak hanya di kota besar
saja, tetapi juga kota lainnya
·
Perusahaan
harus mencoba menggabungkan lagi bisnis dengan perusahaan di seluruh dunia,
terutama di Negara-negara Eropa
·
Berbagai
macam perencanaan dan trategi yang harus dilakuakan oleh pengawas dari perusahaan
untuk memperoleh dan membeli aset yang berbeda yang menghasilkan pendapatan
·
Negara-negara
di seluruh dunia sedang gencar mempromosikan tentang “back to nature” atau penghijauan di setiap aspek kehidupan
4. THREATS
(T)
·
Bermunculannya
hotel bintang empat dang lima dengan harga yang bersaing
·
Risiko
dalam isu-isu politik dan keterlibatan pemerintah adalah menciptakan risiko
bagi perusahaan unyuk hotel yang beroperasi di luar negeri
·
Adanya
kekawatiran konsumen tentang pariwisata bom
·
Tingginya
tingkat fluktuasi ditemukannya harga pasar karna pesaing yang tinggi dan intens
3
LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar