ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS DI HOTEL NOVOTEL SOLO


ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS DI HOTEL NOVOTEL SOLO






Oleh :
NIAJENG APRILIA JAYANTI
2018140068
Dosen :
SYAHARUDDIN, S.Pd. M.Pd


SEKOLAH TINGGI PARIWISATA SAHID JAKARTA
2018





Jl. Kemiri No. 22 Pondok Cabe, Pamulang, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7402329, 7402339 Fax. (021) 7428152



1





BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Hotel Novotel Solo merupakan salah satu jaringan Accor yang ada di Jakarta yang selalu mengacu pada kualitas pelayanan yang tinggi dan maksimal, manajemen tim yang diandalkan dan mempunyai komitmen yang baik. Manajemen Accor bertujuan untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas yang menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan berkompetisi, hotel ini berpeluang mendepankan diri dipasar domestik, ASEAN dan komersil. Oleh karena itu, perencanaan sales marketing perlu mengarah dan menjawab kebutuhan dari pasar domestik daripada memasarkan hotel ini dipasar luar negeri.

Dengan mengutamakan fasilitas yang tersedia dengan fasilitas pertemuan atau ruang rapat dan lokasi hotel yang sangat dekat dengan King’s Park dan Keraton Surakarta, untuk itu hanya menempuh perjalanan 5 menit dari pusat bisnis/niaga maka hotel akan lebih dapat menarik pengunjung baik dari kelas bisnis maupun travel agen karena dekat dengan tempat wisata yang menawarkan barang-barang baik lokal maupun international dan juga dekat dengan bandara Internassional Adisumarmo. Melalui penelitian ini akan dapat diketahui faktor external dan internal yang dapat sangat mempengaruhi pencapaian tujuan hotel ini agar tetap unggul dalam dunia persaingan bisnis jasa.

SWOT merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan suatu perusahaan (hotel), khususnya pada bidang pemasaran. Analisis SWOT adalah analisis terhadap kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang/kesempatan (opportunities) dan ancaman (threats) yang dimiliki dan dihadapi oleh perusahaan (hotel). Analisis SWOT timbul secara langsung atau tidak langsung karena adanya persaingan yang datang dari para pesaing yang memproduksi barang dan jasa yang sejenis. Hal ini membuat Hotel Novotel Solo harus menetapkan strategi untuk memenangkan persaingan atau paling tidak dapat bertahan hidup di pasar.

Persaingan yang semakin ketat dan tajam mengakibatkan Hotel Novotel Solo membutuhkan antisipasi yang tepat dan akurat sehingga hotel dapat memasarkan produknya di pasar, dan bahkan bila memungkinkan menjadi pemimpin pasar. Hotel Ibis Jakarta Slipi harus menjalankan semua operasinya secara efektif dan efesien tidak terkecuali di bidang pemasaran. Strategi perusahaan, khususnya strategi pemasaran merupakan langkah yang tepat yang harus ditempuh dan direalisasikan oleh setiap perusahaan yang ingin dapat bertahan di pasar. Sebagaimana telah diketahui bahwa usaha bersifat dinamis, yang penuh diwarnai dari waktu ke waktu dan adanya keterkaitan antar satu dengan yang lainnya.

Dalam perkembangannya saat ini analisis SWOT, tidak hanya dipakai untuk menyusun strategi di medan pertempuran, melainkan banyak dipakai dalam penyusunan perencanaan strategi bisnis (Business Strategic Planning) yang bertujuan untuk menyusun strategi-strategi jangka panjang sehingga arah dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan jelas dan dapat segera diambil keputusan, serta semua perubahannya dalam menghadapi pesaing.
Berdasarkan keseluruhan penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa analisis SWOT sangatlah dibutuhkan dalam manajemen perusahaan antara lain sebagai dasar perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran dalam perusahaan. Motivasi dilakukannya penelitian dengan menggunakan analisis SWOT karena adanya perubahan lingkungan dunia non perbankan yang semakin dinamis. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS DI HOTEL NOVOTEL SOLO”.


2





BAB 2
PEMBAHASAN



1.      STRENGHTS (S)
·         Struktur organisasi yang memiliki system desentralisasi memudahkan dalam membuat keputusan
·         Budaya organisasi yang sangat kuat di terapkan dalam lingkungan Hotel Novotel Solo
·         Menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat memuaskan konsumen
·         Perusahaan telah mengembangkan posisi yang kuat mengenai pelanggan seperti mencapai loyalita para pelanggan
·         Bertempat di jantung kota Solo, mengunjungi pusat bisnis, pusat perbelanjaan maupun tempat wisata seperti Graha Wisata bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Bandara dapati dicapai dengan berkendara 15 menit.
- 10 kilometer menuju Bandara Adi Sumarmo
- 1 kilometer menuju Stasiun Balapan
·         Dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, ex : Solo Grand Mall, Pasar Klewer, Pasar Gede, Kampung Batik, Tawang Mangu
·         Dekat dengan detinasi sejarah, ex : Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Mangkunegaran
·         Dekat dengan kuliner, ex: Nasi liwet, Tengkleng, Timlo, Selad Solo

2.      WEAKNESS (W)
·         Lahan parkir kurang luas
·         Daya dukung internet kurang
·         Merupakan hotel untuk kalangan menengah ke atas

3.      OPPORTUNITIES (O)
·         Pertumbuhan Asia Pasifik yang cepat selama tahun 2007-2017
·         Indutri perhotelan yang mendominasi GDP dunia
·         Lingkungan social yang didominasi oleh masyarakat maupun business traveler dengan gaya hidup mewah
·         Mengembangkan kembali bisnis-bisnis yang ada ke berbagai Negara , tidak hanya di kota besar saja, tetapi juga kota lainnya
·         Perusahaan harus mencoba menggabungkan lagi bisnis dengan perusahaan di seluruh dunia, terutama di Negara-negara Eropa
·         Berbagai macam perencanaan dan trategi yang harus dilakuakan oleh pengawas dari perusahaan untuk memperoleh dan membeli aset yang berbeda yang menghasilkan pendapatan
·         Negara-negara di seluruh dunia sedang gencar mempromosikan tentang “back to nature” atau penghijauan di setiap aspek kehidupan

4.      THREATS (T)
·         Bermunculannya hotel bintang empat dang lima dengan harga yang bersaing
·         Risiko dalam isu-isu politik dan keterlibatan pemerintah adalah menciptakan risiko bagi perusahaan unyuk hotel yang beroperasi di luar negeri
·         Adanya kekawatiran konsumen tentang pariwisata bom
·         Tingginya tingkat fluktuasi ditemukannya harga pasar karna pesaing yang tinggi dan intens



3






LAMPIRAN






http:/swothotel.com/niajeng/

Komentar